Prospek Kerja Jurusan Ekonomi yang Wajib Kamu Ketahui

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi yang Wajib Kamu Ketahui

Jurusan ekonomi adalah salah satu jurusan favorit di rumpun sosial. Alasannya karena, lulusan jurusan ekonomi diperlukan dibanyak industri, sehingga peluang kerja pada bidang ekonomi sangat beragam.

Maka dari itu tak heran apabila jurusan ini banyak diminati karena prospeknya yang menjanjikan.

Mayoritas lulusan jurusan ilmu ekonomi dapat bekerja di pemerintahan, korporasi, baik BUMN ataupun swasta, serta bidang keuangan, baik bank ataupun non-bank.

Bukan hanya itu, prospek kerja ilmu ekonomi juga meliputi pada lembaga penelitian, serta jurnalistik.

Ada profesi atau bidang kerja apa saja untuk lulusan ilmu ekonomi? Berikut beberapa prospek kerja jurusan ilmu ekonomi yang sudah dilansir dari beberapa sumber.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Baca Juga : Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi, Banyak Diincar Rekruter

1. Pemerintahan

Prospek kerja yang pertama untuk jurusan ilmu ekonomi adalah di pemerintahan. Bukan hanya menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup provinsi, atau kabupaten/kota, lulusan ilmu ekonomi juga dapat memilih lebih jauh lagi di pemerintahan.

2. Finansial

Apabila memilih karir di bidang finansial, kamu dapat bekerja di bank ataupun non bank. Hal tersebut bisa saja terjadi, sebab lulusan ilmu ekonomi sudah dibekali dengan kemampuan analisis, serta matematika yang mumpuni.

Bukan hanya itu, pengetahuan akan ilmu statistika juga menjadi nilai tambah lulusan ilmu ekonomi untuk dapat bekerja di bidang finansial.

Prospek kerja ilmu ekonomi di bidang finansial ini, ada berbagai macam diantaranya adalah sebagai berikut:

Officer Development

Program Lulusan ilmu ekonomi dapat mencoba kemampuan sebagai peserta officer development program (ODP), yang diselenggarakan oleh bank.

Kemampuan analisis, matematika ekonomi, statistika, dan ekonometrika, menjadi modal yang penting bagi lulusan ilmu ekonomi untuk bisa berkarier di perbankan, melalui jalur ODP.

Analisis Kredit

Analis kredit bertugas untuk menilai resiko dari suatu pinjaman, baik itu pinjaman secara personal maupun perusahaan.

Mereka akan membuat evaluasi berdasarkan tren ekonomi terbaru dan berbagai hal lainnya, seperti keadaan industri, peaing dan lain sebagainya.

Selanjutnya mereka akan menentukan jumlah dan bunga pinjaman yang dapat diberikan kepada klien.

Aktuaris

Aktuaris memakai keahlian matematika dan statistik untuk menetapkan nilai dari aset-aset yang dapat diasuransikan, seperti akibat kebakaran, sakit, tutup usia, atau kebangkrutan.

Kamu akan sering melihat angka-angka dan rumus untuk menghitung nilai aset-aset tersebut.

Pada praktiknya, seorang aktuaris dibantu oleh software komputer untuk membuat grafik yang bisa digambarkan hasilnya untuk tim manajemen.

3. Konsultan Ekonomi

Konsultan ekonomi memerlukan keahlian riset dan analisis untuk menganalisa keadaan ekonomi serta berbagai tren industri yang akan berpengaruh pada produksi, perluasan usaha, dan investasi dari klien mereka.

Hal tersebut untuk mendapatkan hasil yang akurat, seorang konsultan ekonomi harus mempunyai pengetahuan yang luas, baik dalam sektor hukum, peraturan pemerintah, serta keadaan terbaru yang mungkin berakibat pada investasi atau badan usaha milik klien.

4. Analisis Riset Pasar

Tugasnya antara lain untuk menganalisa nilai dari suatu produk atau jasa sebelum dilempar ke pasaran. Pekerjaan ini juga biasanya menggunakan perangkat lunak untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

Kemudian, hasilnya akan diolah untuk menulis laporan dan statistik untuk menciptakan laporan dan grafik yang bisa dideskripsikan pada pelanggan.

5. Analisis Keungan

Analis keuangan bertugas untuk menganalisis perusahaan, industri, saham, aset dan investasi. Mereka kemudian akan membuat laporan ke departemen keuangan milik perusahaan, bank, agen kredit, dan investor swasta.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top

Name - City
Menghubungi Product Time