Jurusan Ilmu Kelautan : Propek Kerja dan Daftar PTN

Jurusan ilmu Kelautan adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan laut dan segala isinya. Mulai dari mempelajari dari ekosistem laut dan sekitarnya. Jurusan ini melibatkan studi tentang kehidupan laut, geologi bawah laut, keseimbangan ekosistem laut, dan sejumlah topik menarik lainnya.

Jurusan Ilmu Kelautan

Jurusan Ilmu Kelautan seringkali memiliki keterkaitan erat dengan jurusan pertanian seperti agroteknologi, terutama karena keduanya memiliki fokus pada pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Kedua jurusan ini berbagi kepentingan dalam menjaga keseimbangan ekosistem untuk mendukung kehidupan dan pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, tidak jarang jurusan Ilmu Kelautan ditempatkan di bawah naungan Fakultas Pertanian. Dimana mahasiswanya dapat menjelajahi keterkaitan antara kehidupan laut dan keberlanjutan sumber daya alam. Tentunya sekaligus dengan memahami peran penting dalam menyelamatkan dan merawat lingkungan sekitar.

Kenapa Harus Pilih Jurusan Ilmu Kelautan?

1. Pentingnya Konservasi Laut

Dengan makin terancamnya ekosistem laut, para ilmuwan kelautan memiliki peran kunci dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Jurusan ini mempersiapkan kamu untuk menjadi agen perubahan. Mulai dari konservasi laut yang harus terus dilaksanakan.

2. Inovasi dan Teknologi

Jurusan Ilmu Kelautan tidak hanya tentang memahami laut, tetapi juga melibatkan penerapan teknologi terbaru. Hal ini untuk eksplorasi dan pengamatan laut lebih lanjut. Dengan demikian, kamu tidak hanya memperlajari lautan, tetapi juga belajar dengan teknologi untuk mengubah cara kita memahami dan melindungi lautan.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kelautan :

1. Peneliti Laut

Prospek karier yang menarik menanti para lulusan Jurusan Ilmu Kelautan, khususnya bagi mereka yang tertarik mengejar karier sebagai peneliti laut. Sebagai peneliti laut, mereka memiliki kesempatan untuk terlibat dalam eksplorasi dan penelitian mendalam di ekosistem laut. Selain itu juga melalukan penelitian terhadap aspek-aspek unik kehidupan laut.

Dengan teknologi terkini dan metode penelitian inovatif, peneliti laut dapat berkontribusi pada pemahaman tentang maritim lainnya. Salah satunya tentang perubahan iklim dan konservasi spesies laut. Peluang sebagai upaya pelestarian lautan dan memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan dan keanekaragaman hayati di dunia bawah laut.

2. Edukator Lingkungan

Prospek karier sebagai edukator lingkungan bagi lulusan jurusan Ilmu Kelautan sangat menjanjikan dan bermakna. Dengan pengetahuan mendalam tentang ekosistem laut dan keberlanjutan sumber daya alam. Sebagai edukator lingkungan, mereka dapat bekerja dalam berbagai konteks, termasuk lembaga pendidikan, pusat penyuluhan, atau organisasi non-pemerintah.

Tugas utama melibatkan penyampaian informasi terkini tentang isu-isu lingkungan laut, perubahan iklim, dan keanekaragaman hayati laut kepada masyarakat, termasuk siswa, komunitas lokal, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan menjadi jembatan antara pengetahuan ilmiah dan pemahaman masyarakat. Lulusan jurusan Ilmu Kelautan sebagai edukator lingkungan turut berkontribusi dalam membentuk sikap peduli terhadap lingkungan dan menginspirasi tindakan positif demi kesejahteraan lautan dan bumi secara keseluruhan.

3. Ahli Konservasi

Sebagai seorang ahli konservasi setelah lulus dari jurusan Ilmu Kelautan, kamu akan memiliki prospek karier yang sangat menjanjikan. Peran utama kamu sebagai ahli konservasi ini melibatkan upaya aktif dalam pelestarian dan perlindungan ekosistem laut. Kamu dapat terlibat dalam proyek-proyek konservasi yang berfokus pada spesies langka, terumbu karang, dan area laut yang rentan.

Sebagai ahli konservasi, kamu akan menjadi garda depan dalam mengembangkan strategi perlindungan, mengawasi kebijakan konservasi laut, dan memberikan advokasi untuk menjaga keberlanjutan sumber daya laut. Selain itu, kamu akan terlibat dalam pendidikan masyarakat tentang pentingnya menjaga keberlanjutan laut dan mendukung keseimbangan ekosistem laut global.

Dalam jurusan ilmu kelautan ini masih banyak prospek kerja yang bisa dijangkau. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan terbaik dari jurusan rumpun pertanian. Sehingga tidak sedikit yang mendaftarkan diri ke jurusan ilmu kelautan. Beberapa PTN di Indonesia juga sudah sangat banyak yang memiliki jurusan ilmu kelautan.

Daftar PTN dengan Jurusan Ilmu Kelautan :

1. Institut Pertanian Bogor (IPB) – Bogor

IPB Bogor menawarkan program studi Ilmu dan Teknologi Kelautan di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dengan akreditasi Internasional. Fokus pembelajaran mencakup simulasi dinamika pergerakan air laut, prediksi sebaran limbah, hidrobiologi, penginderaan jauh (SIG), oseanografi, hingga akustik dan instrumentasi kelautan.

2. Universitas Hasanuddin (UNHAS) – Makassar

UNHAS menyelenggarakan Ilmu Kelautan dengan akreditasi Unggul dan menfokuskan pembelajaran pada konservasi dan eksplorasi sumberdaya hayati laut, menjadi rujukan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut di wilayah Indonesia bagian Timur.

3. Universitas Diponegoro (UNDIP) – Semarang

Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP, yang berada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, menawarkan pembelajaran tentang eksplorasi biodiversitas laut, fenomena bio-kimia, dan penerapan konservasi laut. Ilmu kelautan UNDIP memiliki visi untuk menjadi unggul dalam bidang konservasi dan bioteknologi kelautan di Indonesia.

4. Universitas Padjajaran (UNPAD) – Bandung

Terletak di dataran tinggi Jatinagor, Bandung, jurusan Ilmu Kelautan di UNPAD menitikberatkan pada kajian bioteknologi kelautan dan penerapan teknologi pada organisme laut. Lulusan UNPAD memiliki kemampuan untuk menyusun rencana, mendesain, dan memodelkan pemanfaatan sumber daya hayati laut dengan prinsip-prinsip konservasi.

5. Universitas Brawijaya (UB) – Malang

Ilmu Kelautan di UB, yang bernaung di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, memiliki akreditasi Unggul. Pembelajaran di UB difokuskan pada eksplorasi sumberdaya pesisir dan laut, oseanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan laut.

6. Universitas Udayana – Bali

Dengan akreditasi A, Ilmu Kelautan di Universitas Udayana berfokus pada biologi laut, sosial ekonomi masyarakat pesisir, dan aspek hukum laut. Lokasinya di Bali membuat praktikum terasa dekat dengan laut, memperkaya pengalaman mahasiswa dalam lingkungan pesisir yang kaya.

7. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) – Purwokerto

Terletak di wilayah pantai Selatan Purwokerto, jurusan Ilmu Kelautan di UNSOED terakreditasi A dan berfokus pada pengembangan serta penerapan ilmu dan teknologi kelautan dalam eksploitasi, eksplorasi, dan konservasi sumberdaya laut yang berkelanjutan.

8. Universitas Trunojoyo Madura (UTM) – Bangkalan Madura

Terletak di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, UTM menawarkan Ilmu Kelautan dengan akreditasi A. Ilmu Kelautan di UTM bernaung di bawah Fakultas Pertanian dan mengembangkan potensi sumber daya pesisir dan laut, terutama dalam bidang garam, biologi laut, dan oseanografi.

9. Universitas Sriwijaya (UNSRI) – Palembang

Jurusan Ilmu Kelautan di UNSRI, yang bernaung di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), memiliki akreditasi A. Pembelajaran melibatkan berbagai aspek seperti pencemaran laut, oseanografi fisika, ekologi perairan, mikrobiologi, dan biologi laut.

10. Universitas Riau (UNRI) – Riau

Terletak di Sumatera, jurusan Ilmu Kelautan di UNRI, di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FAPERIKA), memiliki akreditasi A. Fakultas ini memiliki visi menjadi pusat keunggulan dan pengembangan Ilmu Kelautan dengan fokus pada penanganan kualitas perairan laut di Indonesia.

11. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) – Banda Aceh

Jurusan Ilmu Kelautan di Unsyiah, bernaung di Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP), memiliki akreditasi A. Selain aspek keilmuan, Unsyiah juga memberikan pembelajaran tentang pemanfaatan ekonomi kreatif dan kewirausahaan di bidang Ilmu Kelautan.

12. Universitas Pattimura – Ambon

Di Pulau Ambon, Universitas Pattimura menawarkan Ilmu Kelautan dengan akreditasi A. Pembelajaran di sini difokuskan pada penerapan ilmu dan teknologi kelautan, dengan pemahaman karakter, fenomena, dan proses fisika, kimia, biologi, dan geologi laut.

13. Universitas Halu Oleo (UHO) – Kendari

Terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara, Ilmu Kelautan di UHO memiliki akreditasi A dan menyeimbangkan pembelajaran antara sains, teknologi, dan kewirausahaan. Fokusnya adalah pada pengembangan sumber daya pesisir dan laut serta kelestarian dan keberlanjutan sumber daya laut.

14. Universitas Khairun – Ternate

Jurusan Ilmu Kelautan di Universitas Khairun, bernaung pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), memiliki akreditasi A. Terletak di wilayah Ternate, universitas ini fokus pada pengembangan ilmu dan teknologi kelautan serta pengembangan sumber daya laut secara optimal.

Untuk meraih impian masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jurusan studi Ilmu Kelautan terbaik, mengikuti bimbingan belajar di Akademi Prestasi dapat menjadi langkah yang cerdas. Akademi Prestasi telah terbukti membimbing banyak calon mahasiswa dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan strategi dan metode yang efektif. Dalam bimbingan belajar tersebut, calon mahasiswa akan mendapatkan pemahaman mendalam mengenai materi ujian, khususnya mata pelajaran yang menjadi fokus pada seleksi program studi Ilmu Kelautan.

Akademi Prestasi tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga mengembangkan keterampilan ujian seperti pemecahan soal dengan cepat dan efisien. Selain itu, dengan didukung oleh tutor-tutor yang berpengalaman dan fasilitas pembelajaran yang memada.,Peserta bimbingan belajar dapat mengasah kemampuan berpikir analitis dan strategi ujian yang diperlukan untuk meraih hasil terbaik dalam UTBK. Dengan bergabung di Akademi Prestasi, calon mahasiswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk lolos seleksi SNBT di PTN terbaik dengan program studi Ilmu Kelautan.

Jurusan Ilmu Kelautan : Propek Kerja dan Daftar PTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top

Name - City
Menghubungi Product Time