Cara Menghitung Skor UTBK: Panduan Lengkap untuk Persiapan Ujian

cara menghitung skor utbk

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah salah satu ujian yang penting dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia. Bagi para calon mahasiswa, memahami cara menghitung skor UTBK sangatlah penting untuk mengevaluasi hasil ujian dan melihat sejauh mana kemampuan yang telah dicapai. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghitung skor UTBK agar Anda dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang prestasi Anda dalam ujian tersebut.

cara menghitung skor utbk

Pertama-tama, penting untuk dicatat bahwa skor UTBK terdiri dari dua bagian, yaitu skor kemampuan dasar (TKD) dan skor bidang studi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung kedua skor tersebut:

1. Skor Kemampuan Dasar (TKD)

Skor TKD merupakan gabungan dari tiga subtes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Kuantitatif (TKK), dan Tes Kemampuan Verbal (TKV). Setiap subtes memiliki bobot yang berbeda dalam perhitungan skor TKD.

a. Tes Potensi Skolastik (TPS)
TPS terdiri dari 80 soal dan memiliki bobot skor 800. Setiap soal TPS memiliki bobot 10 poin. Untuk menghitung skor TPS, Anda dapat mengalikan jumlah jawaban benar dengan 10.

Rumus: Skor TPS = Jumlah Jawaban Benar TPS x 10

b. Tes Kemampuan Kuantitatif (TKK)
TKK terdiri dari 40 soal dan memiliki bobot skor 400. Setiap soal TKK memiliki bobot 10 poin. Untuk menghitung skor TKK, Anda dapat mengalikan jumlah jawaban benar dengan 10.

Rumus: Skor TKK = Jumlah Jawaban Benar TKK x 10

c. Tes Kemampuan Verbal (TKV)
TKV terdiri dari 40 soal dan memiliki bobot skor 400. Setiap soal TKV memiliki bobot 10 poin. Untuk menghitung skor TKV, Anda dapat mengalikan jumlah jawaban benar dengan 10.

Rumus: Skor TKV = Jumlah Jawaban Benar TKV x 10

Setelah Anda menghitung skor untuk setiap subtes, jumlahkan ketiga skor tersebut untuk mendapatkan skor TKD.

Rumus: Skor TKD = Skor TPS + Skor TKK + Skor TKV

2. Skor Bidang Studi

Selain skor TKD, UTBK juga memiliki skor bidang studi yang sesuai dengan pilihan program studi yang diambil. Skor bidang studi dihitung berdasarkan subtes yang terkait dengan bidang studi yang dipilih.

Misalnya, jika Anda memilih bidang studi Sains dan Teknik, maka skor bidang studi Anda akan didasarkan pada subtes Matematika IPA dan Fisika. Setiap subtes memiliki bobot skor tertentu. Anda dapat melihat bobot skor yang berlaku untuk setiap subtes pada panduan UTBK yang diberikan oleh panitia ujian.

Untuk menghitung skor bidang studi, Anda dapat mengalikan jumlah jawaban benar pada subtes terkait dengan bobot skor subtes tersebut. Setelah itu, jumlahkan skor untuk setiap subtes yang diuji dalam bidang studi yang Anda pilih.

3. Total Skor UTBK

Total skor UTBK adalah jumlah dari skor TKD dan skor bidang studi.

Rumus: Total Skor UTBK = Skor TKD + Skor Bidang Studi

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghitung skor UTBK secara akurat. Penting untuk mengingat bahwa perhitungan skor UTBK dapat bervariasi sesuai dengan kebijakan panitia ujian, sehingga pastikan Anda selalu merujuk pada panduan resmi yang diberikan.

Menghitung skor UTBK membantu Anda dalam mengevaluasi prestasi ujian dan merencanakan langkah-langkah selanjutnya dalam proses seleksi perguruan tinggi. Jadikanlah perhitungan skor UTBK sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dan mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam menghadapi ujian seleksi masuk yang akan datang.

Ikuti bimbel persiapan tes UTBK dari Garansi Lulus PTN, tersedia program terbaik untuk membantu kamu lulus menjadi mahasiswa baru di PTN idaman.

Cara Menghitung Skor UTBK: Panduan Lengkap untuk Persiapan Ujian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top

Name - City
Menghubungi Product Time