9 Cara Buat Akun SIMAK UI

Cara Buat Akun SIMAK UI

Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, dan banyak calon mahasiswa bermimpi untuk dapat kuliah di universitas bergengsi ini. Untuk mewujudkan impian tersebut, Anda harus melewati proses pendaftaran yang dilaksanakan secara online melalui sistem yang dikenal dengan nama “SIMAK UI”. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara buat akun SIMAK UI untuk pendaftaran di Universitas Indonesia, serta tahapan-tahapan penting yang harus Anda lakukan.

Cara Buat Akun SIMAK UI

1. Membuat Akun di Situs Penerimaan UI

Langkah pertama dalam proses pendaftaran di Universitas Indonesia adalah membuat akun di situs penerimaan UI. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser web dan kunjungi situs resmi penerimaan UI (simak.ui.ac.id).
  2. Pada halaman utama, cari tombol “Buat Akun” atau “Daftar” dan klik tombol tersebut.
  3. Isi formulir pendaftaran yang muncul dengan informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat email aktif, dan nomor telepon.

2. Mengunggah Foto Berwarna Ukuran 4×6 cm

Setelah mengisi formulir pendaftaran, langkah berikutnya adalah mengunggah foto berwarna ukuran 4×6 cm. Penting untuk diingat bahwa Anda harus mengunggah foto ini sebelum dapat melanjutkan proses pendaftaran.

3. Membuat Pendaftaran Baru

Setelah foto berhasil diunggah, Anda dapat melanjutkan dengan membuat pendaftaran baru. Untuk melakukannya, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke akun yang telah Anda buat sebelumnya dengan menggunakan username dan password yang telah Anda daftarkan.
  • Setelah masuk ke akun, pilih menu “Buat Pendaftaran” atau “Pendaftaran Baru” untuk memulai proses pendaftaran.

4. Verifikasi Pendaftaran

Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi pendaftaran. Proses verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua isian formulir pendaftaran dan pilihan program studi Anda telah terisi dengan data yang benar. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang Anda pilih.

5. Meng-Upload Berkas Persyaratan Pendaftaran

Langkah selanjutnya adalah meng-upload berkas persyaratan pendaftaran. Proses meng-upload ini khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2, S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi, dan yang memilih S1 Kelas Internasional. Pastikan bahwa dokumen yang Anda unggah sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh UI.

6. Pembayaran Biaya Pendaftaran

Setelah semua tahapan pendaftaran selesai, Anda dapat melanjutkan dengan proses pembayaran biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda menyelesaikan semua tahapan pendaftaran di atas. Pastikan untuk memeriksa kembali formulir pendaftaran dan pilihan program studi Anda, karena formulir pendaftaran dan pilihan program studi tidak dapat diubah lagi setelah Anda membayar biaya pendaftaran.

7. Meng-Download Kartu Ujian Masuk

Setelah pembayaran biaya pendaftaran berhasil, Anda dapat mengunduh kartu ujian masuk. Kartu ini merupakan bukti bahwa Anda telah berhasil mendaftar untuk mengikuti ujian seleksi masuk. Kartu ujian masuk harus dibawa saat hari pelaksanaan ujian seleksi.

8. Mengikuti Ujian Seleksi Masuk

Setelah mendapatkan kartu ujian masuk, Anda harus mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan. Ujian seleksi masuk merupakan tahap penting dalam proses penerimaan di UI. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat mengetahui hasil seleksi pada tanggal pengumuman. Pastikan untuk memeriksa panduan pendaftaran masing-masing jalur penerimaan di menu sebelah kiri untuk informasi tambahan yang relevan dengan jalur pendaftaran Anda.

9. Cara Pembayaran Biaya Pendaftaran

Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan melalui mekanisme Host-to-host Universitas Indonesia. Ada beberapa pilihan cara pembayaran yang tersedia, di antaranya melalui ATM, Internet/Mobile Banking, Teller, atau Self Service Terminal (SST) dari beberapa bank yang tertera pada daftar yang telah disediakan oleh UI.

Penting untuk diingat bahwa biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan, sehingga pastikan bahwa Anda telah memeriksa semua persyaratan dan prosedur pendaftaran sebelum melakukan pembayaran.

Kesimpulan

Pendaftaran di Universitas Indonesia (UI) melalui sistem SIMAK UI memerlukan beberapa tahapan yang harus dilalui dengan teliti. Mulai dari pembuatan akun, mengunggah foto, membuat pendaftaran, hingga mengikuti ujian seleksi masuk. Pastikan untuk mematuhi semua petunjuk dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh UI agar proses pendaftaran Anda berjalan dengan lancar dan berhasil. Semoga panduan lengkap cara buat akun SIMAK UI di atas dapat membantu Anda dalam mempersiapkan dan melaksanakan proses pendaftaran di Universitas Indonesia. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sumber : https://penerimaan.ui.ac.id/page/registration

9 Cara Buat Akun SIMAK UI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top

Name - City
Menghubungi Product Time